Pengaruh Game Online terhadap Prestasi Belajar pada Siswa SMA Nurul Falaah Gunung Sindur
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Nurul Falaah Gunung Sindur. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang menggunakan pencatatan dan penganalisaan pada data hasil penelitian melalui perhitungan statistik. Dalam penelitian ini metode yang dipakai oleh yaitu metoede asosiatif. Populasi berjumlah 101 siswa dan sampelnya 81 siswa. Penelitian ini menggunakan metode asosiasi dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari game online terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Nurul Falaah Gunung Sindur dengan persamaan regresi linear sederhana sebagai berikut Y = 40,093 - 0,79x tingkat hubungan antara dua variabel yang kuat. Berdasarkan hasil penelitian bahwa besarnya nilai hubungan (R) sebesar 0,015, determinan R square sebesar 0,11 artinya besar atau sumbangsih Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Nurul Falaah Gunung Sindur sebesar 11% sedangkan sisanya 89% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
References
A.A, Tristiar, & I, Malawi. (2016). Pengaruh Konsentrasi dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Manisrejo I Kabupaten Magetan. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 3(02).
Adnyani, N. P. S., Manuaba, I. S., & Putra, D. K. N. S. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 398-408.
Anhar. (2010). Panduan Bijak Belajar Internet Untuk Anak. Jakarta.: Adamsains.
APJII. Laporan Survei Penetrasi & Perilaku Internet 2023. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2023. Available from: https://apjii.or.id/survei2023x
Aprizan, A., Subhanadri, S., & Avana, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Jurnal Basicedu, 5(5), 3445-3459.
Ardyanto, E. R. (2016, December). Mengembangkan Instrumen Kognitif (Pengetahuan) Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Kelas XII. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Pascasarjana UM (pp. 334-348).
Chairia, P., Maskun, Y. S. E., & Ekwandari, Y. S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Sejarah Siswa. Pesagi (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah), 4(2).
Darma. 2011. Buku Pintar Menguasai Internet. Jakarta: Media Kita
Efendi, Novian Azis, 2014. “Faktor Penyebab Bermain Game online danDampak Negatifnya Bagi Pelajar (Studi Kasus pada Warung Internet di Dusun Mendungan Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo)” Skripsi Surakarta : Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah
Fauzen, F. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Satu Atap Kecamatan Geger (Doctoral dissertation, STKIP PGRI Bangkalan).
Fauziah, E. R. (2013). Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Anak SMP Negeri 1 Samboja, eJournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id (pp. 1-16).
Griffiths, MD, Kuss, DJ, & King, DL (2012), ‟Video Game Addiction : Past , Present and Future‟. Current Psychiatry Reviews, vol.8, no. 4. DOI: /10.2174/157340012803520414
Hanum, W. (2019). Pengaruh Internet Addiction Terhadap Prestasi Belajar Di SMA Negeri 13 Medan Tahun Pelajaran 2017-2018 (Doctoral dissertation, UNIMED).
King DL, Delfabbro PH, Zwaans T, Kaptsis D. (2013) Clinical features and axis i comorbidity of Australian adolescent pathological Internet and video gameusers. Aust N Z J Psychiatry. 2013;47(11):1058–67.
Malawi, I., & Tristiar, A.A. (2016). “Pengaruh Konsentrasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn Manisrejo I Kabupaten Magetan”. Premiere Educamdum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 3, (02)
Masya, H., & Candra, D. A. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku gangguan kecanduan game online pada peserta didik kelas x di madrasah aliyah al furqon prabumulih tahun pelajaran 2015/2016, 03(1), 153–169.
Mustopa, Z. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Pjbl (Project Based Learning) Untuk Menumbuhkan Kreatifitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Selalu Berhemat Energi Sub Tema Gaya dan Gerak Di Kelas IV SDN Bojongkaso 2 Kec. Cikancung Kab. Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Narwoto dan Soeharto. (2013). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Teori Kejuruan Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, Volume 3, Nomor 2, Juni 2013.
Nurazmi, dkk. (2018). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online. Terhadap Regulasi Emosi Pada Remaja. Jom FKp. Vol. 5. No.2.
Novrialdy. E (2019). Kecanduan game online pada remaja: dampak dan pencegahan. Buletin Psikologi ISSN 0854-7106 (Print) 2019, Vol. 27, No. 2, 148 – 158 ISSN 2528-5858 (Online) DOI: 10.22146/buletinpsikologi.47402 https://jurnal.ugm.ac.id
Piyeke, Phainel Jhonly, dkk. (2014). Hubungan Tingkat Stres Dengan Durasi Waktu Bermain Game Online Pada Remaja Di Manado
Putra, D. W., & Uyun, K. (2020). Pengaruh Profesionalisme guru Terhadap kegiatan belajar Mengajar siswa kelas VII A di MTS Negeri 5 Jember. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 83-92.
Rini, Ayu. (2011). Menanggulangi Kecanduan Game online Pada Anak. Jakarta : Pustaka Mina
Sakban, A., & Wahyudin, W. (2020). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Pertama. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 18-24.
Shabrina, N., Darmadi, D., & Sari, R. (2020). Pengaruh Motivasi dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV. Muslim Galeri Indonesia. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 3(2), 164-173.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muh Zhafri, Amanudin Amanudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.