Aplikasi Pembelajaran Tahsin Dan Perbaikan Pelafalan Dalam Membaca Al-Qur’an Berbasis Android Dengan Augmented Reality

Authors

  • Adam Bijai Kasah Universitas Pamulang
  • Tri Hidayati Universitas Pamulang

Abstract

Al-Qur’an merupakan pedoman utama di dalam Agama Islam. Al-Quran terdiri dari 30 Juz, 114 Surah, dan 6236 Ayat. Dalam membaca Al-Quran terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kemampuan untuk membacanya. Faktor-faktor tersebut antara lain, kemampuan Bahasa, sikap dan minat, kebiasaan membaca, keadaan membaca, pengetahuan tentang cara membaca, pengalaman yang dimiliki, dan kemampuan membaca Al-Quran. Dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran, terdapat 3 hal yang diajarkan kepada siswa. Di antaranya, Identifikasi Huruf, Makhorijul Huruf, dan Tajwid. Sebelum membaca Al-Qur’an Siswa sebaiknya mampu membedakan bunyi Huruf hijaiyah atau yang dikenal dengan makhorijul huruf. Augmented Reality merupakan sebuah teknologi terbaru dan sedang tren saat ini. Teknologi Augmented Reality menawarkan cara baru dalam menampilkan objek digital secara efektif, inovatif, dan menarik. Mengingat pentingnya mempelajari makhorijul Huruf Hijaiyah serta media pembelajaran sebagai perantara mempelajarinya. Penelitian ini telah menghasilkan sebuah media pembelajaran Huruf Hijaiyah dan Makhorijul Huruf berbasis Augmented Reality dengan beberapa fitur yang dapat mempermudah pengguna dalam mempelajari Huruf Hijaiyah dan Makhorijul Huruf. Dari hasil penelitian pada aplikasi Augmented Reality dengan menggunakan metode Waterfall setelah dilakukan pengujian kepada guru dan anak- anak hasil yang didapat pada tampilan objek 3D membantu memudahkan siswa-siswi mempelajari tahsin Al-Qur’an dan aplikasi ini dapat diterapkan dalam proses belajar di MI Miftahul Ulum.

References

Abdullah, D., Sani, A., & Hasan, A. (2019). Pemanfaatan teknologi Augmented Reality pada media pengenalan bangunan bersejarah rumah kediaman Bung Karno Bengkulu berbasis Android. Pseudocode, 6(1), 21-29.

Asbara, N. W. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyyah Berbasis Android. Journal of Computer Science and Visual Communication Design, 5(1), 1-9.

Assya’bani, R., Sari, A., Hafizah, E., Hasanah, F., & Marniyah, M. (2021). Pembelajaran tajwid dan tahsin Al-Qur’an dengan metode Qira’ati di rumah belajar mahasiswa kkn Desa Hambuku Hulu. Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-12.

Azis, N., Pribadi, G., & Nurcahya, M. S. (2020). Analisa dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android. IKRA-ITH INFORMATIKA: Jurnal Komputer Dan Informatika, 4(3), 1-5.

Fadli, I. N., & Ishaq, U. M. (2019). Aplikasi Pengenalan Huruf dan Makharijul Huruf Hijaiyah Dengan Augmented Reality Berbasis Android. Komputika: Jurnal Sistem Komputer, 8(2), 73-79.

Gunawan, W. (2019). Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah. Jurnal Informatika, 6(1), 69-76.

Lidianti, D., Putra, P., Oktadini, N. R., Meiriza, A., & Sevtiyuni, P. E. (2022). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah dan Makhorijul Huruf. TeIKa, 12(02), 67-76.

Perdana, A. I., Yuniarti, T., & Raharja, P. A. (2021). Pengenalan Huruf Hijaiah (ARENYA) Menggunakan Augmented Reality. Journal of Informatics Information System Software Engineering and Applications (INISTA), 4(1), 31-39.

Rentor, M. F. (2013). Rancang Bangun Perangkat Lunak Pengenalan Motif Batik Berbasis Augmented Reality (Doctoral dissertation, UAJY).

Sari, L. (2022). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Ilmu Tajwid Berbasis Android. J. Eng. Technol. Appl. Sci, 4(2), 97-104.

Septian, F., & Agustian, B. (2020). Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah dengan Memanfaatkan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(4), 558-562.

Sinaga, A. I., & Anas, N. (2023). Pengembangan media pembelajaran tajwid berbasis web untuk meningkatkan keterampilan membaca Alquran siswa. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 218-235.

Sukma, S. N., Alia, C. S., & Mandasari, R. I. M. (2021). Funrecite: Aplikasi Belajar Mengaji Al-qur'an Untuk Anak Berbasis Augmented Reality. eProceedings of Applied Science, 7(5).

Downloads

Published

2024-09-03