Sosialisasi Pembelajaran dalam Jaringan pada Masa Pandemi Covid-19 di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Andalan Bangsa

Authors

  • Badrus Sholeh Universitas Pamulang
  • Syafaatul Hidayati Universitas Pamulang
  • Siti Zubaidah Universitas Pamulang
  • Fanni Erda Tasia Universitas Pamulang
  • Syamsul Anwar Universitas Pamulang

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 membuat semua kegiatan menuntut untuk bisa melakukan penyesuaian supaya tidak tertinggal. Demikian halnya dengan pendidikan, semua harus bisa menyesuaikan pelaksanaannya dan hal lain yang terkait di dalamnya. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya ternyata banyak permasalahan yang terjadi. Dengan adanya permasalahan yang ada di lapangan, maka pelu kiranya dilakukan suatu tindakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu yang dapat dilakukan adalah mengadakan sosialisasi belajar dalam jaringan kepada peserta didik dan juga pendidik yang ada di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) home schooling Andalan Bangsa. Metode sosialisasi adalah dengan kegiatan presentasi dan tanya jawab. Diharapkan dengan adanya PKM ini peserta didik dan pendidik bisa mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih baik.

References

Cahyani, Adhetya, Iin Diah Lestiana dan Sari Puteri Deta Larasati. 2020. Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123-140.

Hidayati, Syafaatul. 2020. Kendala Yang Dihadapi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang Dalam Mengikuti Perkuliahan Daring Pada Mata Kuliah Seminar Proposal Penelitian Selama Masa Pandemi Covid-19. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), Vol. 3, No. 2, Hal. 92-100.

Mastura dan Rustan Santaria. 2020. Dampak Pandemi Covid Terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 3(2), 289-295.

Prawanti, Lia Titi dan Woro Sumarni. 2020. Kendala Pembelajaran daring selama pandemic Covid 19. Prosiding Seminar nasional Pascasarjana.

Sesriyani, Lodya dkk (2021). Pemanfaatan Sosial Media Instagram Sebagai Media Pembelajaran: Studi Kasus Yayasan PGRI, Pondok Petir, Jawa Barat. Pekodimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 6 No. 1, Pp 22-29.

Downloads

Published

2022-01-13

How to Cite

Sholeh, B. ., Hidayati, S. ., Zubaidah, S. ., Tasia, F. E. ., & Anwar, S. . (2022). Sosialisasi Pembelajaran dalam Jaringan pada Masa Pandemi Covid-19 di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Andalan Bangsa. Praxis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 73–77. Retrieved from http://pijarpemikiran.com/index.php/praxis/article/view/87