Analisis Hasil Perbandingan Fuzzy Inference System Metode Mamdani Dan Sugeno Dalam Estimasi Produksi Telur

Authors

  • Muhamad Rosdiana Universitas Pamulang

Abstract

Produksi merupakan bagian penting dari sebuah perusahaan. Untuk mendapatkan hasil produksi yang sesuai harapan, maka diperlukan perhitungan yang tepat dan akurat. Dalam hal ini yaitu membuat estimasi produksi telur yang mengacu kepada parameter-parameter yang sudah ditentukan perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem yang baik dan mampu memberikan hasil yang akurat. Pada penelitian ini, digunakan sebuah metode yang disebut sistem inferensi fuzzy yang mana sistem ini memiliki tiga metode yaitu Tsukamoto, Mamdani dan Sugeno. Namun yang dibahas pada penelitian ini adalah metode mamdani dan sugeno. Penelitian ini menggunakan 7 variabel, ketujuh variabel tersebut adalah pakan, berat badan, litter, air minum, suhu, pencahayaan dan vaksinasi. Outputnya yaitu jauh dan mendekati. Metode Mamdani dan Sugeno yang dikomparasikan untuk memperoleh estimasi yang paling akurat. Dari penelitian ini dapat dihasilkan bahwa tingkat akurasi untuk metode Mamdani sebesar 92,68%dan untuk metode Sugeno sebesar 12,19%. Itu artinya metode Mamdani memiliki tingkat akurasi yang lebih baik dibandingkan sengan metode sugeno sehingga metode mamdani lebih cocok digunakan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada PT.Super Unggas Jaya.

References

A. Wantoro and A. T. Priandika, 2017.“Komparasi Perhitungan Pemilihan Mahasiswa Terbaik Menggunakan Metode Statistik Klasik Dengan Logika Fuzzy (Tsukamoto Dan Mamdani,” Semin. Nas. Teknol. Inf., pp. 25–32.

Amadea, Monica, 2015, Prediksi Produksi Debit Air Minum Per Bulan Dengan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation (Studi Kasus : PDAM TIRTA MOEDAL SEMARANG, Jurnal Ilmiah.

Mahmud, Zulkifli, 2015, Analisis Perbandingan Metode Sugeno dan Mamdani Dalam Sistem Prediksi Cuaca (Studi Kasus : BMKG Kelas III TanjungPinang, Jurnal Ilmiah.

Nafisah, N., Syamsiana, I. N., Kusuma, W., Putri, R. I., & Sumari, A. D. W. (2023). Analisa Perbandingan Pengaturan Suhu Berbasis Logika Fuzzy Interferensi Sugeno dan Mamdani pada Alat Pengering Biji Kopi. Agroteknika, 6(2), 272-288.

Rosdiana, Muhamad. (2020). Estimasi Produksi Telur Menggunakan Fuzzy Inference System Metode Mamdani (Studi Kasus: PT. Super Unggas Jaya). Kolano: Journal of Multi-Disciplinary Sciences. 1 (1), 44-54.

S. Nurhayati and I. Immanudin,2019. “Penerapan Logika Fuzzy Mamdani untuk Prediksi Pengadaan Peralatan Rumah Tangga Rumah Sakit Application of Fuzzy Mamdani Logic for Procurement Predictions Hospital Household Appliances,” vol. 8, no. 28, pp. 81–87.

Sandika, Jaya Tri & Kurniawan H, 2014, Prediksi Produksi Bawang Merah Dengan Metode Neuro Fuzzy Dalam Upaya Memenuhi Kebutuhan Bawang Nasional, Jurnal Ilmiah.

Sri Kusumadewi, Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan2. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

Sunarya, Unang, 2015, Analisa Perbandingan Algoritma Logika Fuzzy Model Sugeno dan Mamdani untuk Pengukuran Kualitas Kolam Air Renang Berbasis Mikrokontroller, Jurnal Ilmiah.

Yunan, A., & Ali, M. (2020). Study and Implementation of the Fuzzy Mamdani and Sugeno Methods in Decision Making on Selection of Outstanding Students at the South Aceh Polytechnic. Jurnal Inotera, 5(2), 152-164.

Downloads

Published

2023-12-25