Implementasi Persediaan Barang Dengan Metode FIFO

Authors

  • Khoirunnisya Khoirunnisya Universitas Pamulang
  • Suhanda Saputra Universitas Pamulang

Abstract

Dalam mengetahui kebutuhan barang bulanan yang akan dipesan, PT XYZ harus melakukan pengecekan satu persatu ke masing-masing gudang. Selama ini perusahaan melakukan pemesanan barang kepada pihak ketiga hanya dengan menapsirkan perkiraan stock barang yang tersedia ketika jumlah barang di gudang hampir habis. Ketika permintaan barang terhadap perusahaan melonjak tinggi, seringkali perusahaan tidak dapat memenuhi permintaan tersebut yang berdampak pada membengkaknya biaya persediaan maka dari itu harus diterapkan dengan mengunakan metode FIFO yang berbasis web, dari Analisa dan hasil penelitian sebelumnya menjelaskan metode FIFO ini sangat efektif dalam mengontrol stock barang yang tersedia.

Dalam mengimplementasi metode FIFO disini mengunakan Fitur sort untuk mengurutkan data barang berdasarkan tanggal masuk untuk membantu admin dalam mengecek dan memonitor barang yang masuk yang terlebih dahulu dan yang akan keluar barang mana terlebih dahulu. Namun untuk bagian Gudang di sini peneliti implementasikan tata letak barang dengan mengunakan metode fifo, maka dihasilkan sebuah sistem aplikasi yang merupakan bentuk dari perbaikan system inventory yang dilakukan secara manual dan excel. Aplikasi ini dibuat sebagai pembanding sesuai dengan Analisa dari permasalahan yang terjadi dari pihak PT XYZ

References

Fadly, M., Suhendro, D., & Putra, A. (2019). Perancangan Aplikasi Persediaan Barang Dan Bahan Makanan Menggunakan Metode Fifo Pada Kfc .JURNAL ILMIAH MEDIA SISFO, 48.

Hendri Ahmadian, M., Hendy Mizuardy, M., & Khairan Ar, M.(2017). Mahir Pemrograman Visual Dengan Java . sulawesi:Unimal Press.

Heryanto, A., Fuad, H., & Dananggi, D. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Web. JURNAL SISFOTEK GLOBAL .

Qadafi, A. F., & Wahyudi, A. D. (2020). Sistem Informasi Inventory Gudang Dalam Ketersediaan Stok Barang Menggunakan Metode Buffer Stok. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA).

Rondonuwu, G., Pangemanan, S. S., & Mawikere, L. M. (2016, September). Evaluasi Penerapan Metode Persediaan Berdasarkan Metode Fifo . EMBA, 4 no4, 268-278.

Setyarini, P., Setiyadi, D., & F. N. (2017). Sistem Informasi Inventory Dengan Metode Fifo Pada Pt Albahar Cipta Sentosa Bekasi. JURNAL MAHASISWA BINA INSANI, 49 - 62.

Downloads

Published

2023-12-25